Rabu, 11 Juni 2014

TERNATE MALUKU UTARA
hallo guys.... sekarang aku mau ngenalin kalian nih tentang Kota Asal ku..
heheheheheh :) sekalian promosi.. 
monggo dilihat :)


        Kota Ternate merupakan sebuah kota yang berada dibawah kaki gunung gamalama yang terdapat di Provinsi Maluku Utara,Indonesia.Sejarah kota ini bermula dengan adanya Kesultanan Ternate yang berdiri sekitar abad ke-13 , yang menjadikan kawasan kota ini sebagai pusat pemerintahannya.Ternate pernah menjadi ibukota sementara Provinsi Maluku Utara sebelum Sofifi..

       Kota Ternate merupakan kota kepulauan yang memiliki luas wilayah 547,736 km², pulau-pulau Ternate diantaranya :
1.Pulau Moti
2. Pulsu Mayau
3. Pulau Tifure
Kondisi topografi Kota Ternate dengan sebagian besar daerah bergunung dan berbukit, terdiri atas pulau vulkanis dan pulau karang dengan kondisi jenis tanah Rogusal. Ternate meiliki beberapa tempat wisata yang tidak kala menariknya dengan daerah lain beberapa di antaranya merupakan peninggalan-peninggaln pada masa penjajahan dulu, keaslian peninggalnya juga masi tetap di jaga oleh pemerintah setempat diantaranya adalah :
> Benteng  Tpluko
> Benteng Orange
> Benteng Kalamata
> Benteng Kota Janji
> Benteng Kastela
> Pantai Sulamadaha
> Danau Laguna
> Danau Tolire
> Pantai Bobane Ici
> Karaton Kesultanan Ternate yang bertempat di salero
> Masjid AL-Munawwaroh Ternate
      Makanan khas Ternate merupakan makanan kebun yang di olah menjadi makan yang lejat dan banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh seperti : popeda yang berasal dari sagu, halua kenari,bagea, ikan fufu,ikan garu rica, ikan gohu, pisang rebus, singkong rebus dll. Pusat makannya terdapat di swering, Bahasa Ternate adalah sebuah bahasa yang dipertuturkan di daerah Terante, Provinsi Maluku Utara Indonesia,Bersama bahasa Tidore bahasa Ternate merupakan sub-kelompok dalam kelompok bahasa Halmahera Utara.


Disamping itu budaya di Ternate juga sangat kental dan menarik, berikut merupakan beberapa tarian khas Ternate Maluku Utara :
TARIAN CAKALELE

      Tarian Cakalele ini merupakan tarian perang yang saat ini dipertunjukan pada saat menyambut tamu agung yang datang ke daerah tersebut . Tarian Cakalele ini tersebut dimainkan oleh beberapa pria yang biasanya menggunakan PARANG dan SALAWAKU sedangkan wanita biasa menggunakan LENSO (sapu tangan). tarian tersebut merupakan tarian tradisional khas MALUKU .

Salawaku-tameng



TARIAN BAMBU GILA MALUKU UTARA

       Tarian ini merupakan tarian yang sangat mistis di daerah maluku utara . tepatnya di daerah hutan bambu di kaki gunung GAMALAMA . Awal tarian ini yaitu untuk memindahkan kapal kayu yang telah jadi dibuat dari gunung ke pantai . Tarian tersebut juga digunakan untuk memindahkan kapal yang sudah kandas di laut . Bahkan untuk para raja-raja tarian bambu gila ini juga digunakan untuk melawan para musuh yang datang untuk menyerang . Dan sekarang tarian tersebut dijadikan sebagai hiburan pada saat ada acara adat dan pesta . Tarian tersebut menggunakan bambu yang berukuran kira - kira 10 - 15 meter . Sebelum tarian ini dimulai pertama-tama pawang akan membakar kemenyan atau dupa  terlebih dahulu dengan diirngi pembacaan doa agar diberikan keselamatan hingga selesai memainkan. Setelah itu bambu tersebut berguncangan dengan perlahan semakin lama bambu tersebut akan semakin kencang.




Tarian bambu gila ini dimainkan oleh para 6 lelaki tubuh besar yang memegangi bambu dan dibawa berputar mengelilingin lapangan mengikuti arah gerakan bambu tersebut . Bambu tersebut memiliki berat berton-ton sehingga keenam pria tersebut tak kuasa untuk menahannya.



sumber klik di sini
TARIAN SOYA-SOYA



TARIAN TIDE-TIDE






Tidak ada komentar:

Posting Komentar